5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet

5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet
Contoh penyimpanan Kartu Tarot dengan kotak yang terbuat dari kayu. Foto : www.mysticwish.co.uk

5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet

Kamu sudah punya kartu Tarot? atau koleksi kartu tarotmu udah banyak? Lalu sudah beberapa lama menggunakannya? Sudah paham cara menyimpannya? Kita akan kasih tips untuk perawatan kartumu? Yuk disimak cara perawatannya berikut ini.

Bahan Kartu Tarot rawan jamur. 

Bahan dasar kartu tarot itu kertas, walaupun ada beberapa kartu tarot yang sudah dilapisi cairan ultraviolet baik yang bersifat matte atau glossy, namun ada juga beberapa bahan kertas buatan luar negri yang menggunakan bahan kertas yang tak lazim dan unik. Untuk itu kamu harus pintar-pintar mencari cara perawatan agar kartumu tak lekas rusak. 

Kelembaban Udara. 

Kondisi negara kita di jalur tropis dimana memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi, sehingga rawan muncul jamur pada kertas atau bahkan tembok. Untuk itu carilah tempat penyimpanan yang memiliki sirkulasi udara yang baik atau menggunakan bahan pendukung seperti silica gel untuk mengusir jamur yang datang.

Penggunaan dan Penyimpanan. 

Saat membuka konsultasi Kartu Tarot, terkadang kita harus berada di zona yang tak bagus buat Kartu Tarot. Saat berada di lokasi outdoor pastikan kartu-mu aman dari air, baik itu air hujan, air tumpahan minuman atau kondisi basah lainnya. Meski Kartu Tarot akan aman di bawah pancaran sinar matahari langsung, sebaiknya dihindari saja, karena warna-warna di atas kartu tarot jika kena panas terus menerus akan memudar. Untuk mencegah kartu tarot dari kerusakan, kamu bisa menggunakan pouch, dompet, kotak, kain atau benda lain untuk melindungi kartumu jika sedang tidak dipakai.

5 Tips Perawatan agar Kartu Tarotmu awet.

1. Tidak setiap pembelian kartu tarot, dilengkapi dengan box / hard cover, untuk itu, gunakan kotak penyimpanan khusus seperti box, dompet, kotak, kaleng atau benda-benda unik untuk melindungi kartumu saat tak digunakan. Disamping itu wadah penyimpanan juga akan menimbulkan kesan elegan. 
Contoh : 
Penyimpanan Kartu Tarot dengan dompet yang terbuat dari kulit
5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet
Penyimpanan Kartu Tarot dengan dompet yang terbuat dari kulit
2. Pastikan tanganmu bersih saat menggunakan kartu tarot, juga meja atau dasaran tempat menyebar kartu tarot, harus bersih. Jauhkan dari hal-hal yang bersifat cairan seperti minuman, minyak, keringat dll. Saat selesai konsultasi dengan satu orang customer, break-lah sebentar untuk membersihkan segala sesuatu yang diperkirakan akan merusak keawetan kartu. 

3. Jika ada noda yang menempel, bersihkan dengan kain halus, boleh dengan sedikit menaburkan bedak agar lebih halus. Jika kertasmu berlapisan glossy, bisa dengan kain halus dan air, namun pastikan sampai kering sebelum menempel dengan kartu lainnya. 

4. Berikan sirkulasi udara yang cukup ketika kartu tersebut jarang digunakan, agar tidak menimbulkan jamur. Hindari menyimpan di lemari yang terbuat dari plywood atau partikel board, karena rawan jamur.

5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet
Jamur yang muncul pada partikel board
 5. Carilah butiran silica, tempatkan di sekitar penyimpanan kartu tarotmu agar keawetan kartumu dalam media penyimpanan, terjaga. 

5 Tips Perawatan Agar Kartu Tarot-mu Awet
Butiran kristal silika untuk mengusir jamur
Pesan kami yang terakhir adalah, jika kartu tarotmu itu merupakan koleksi, simpanlah dengan baik. Gunakan hanya kartu tarot andalanmu yang ada backupnya untuk pemakaian normal dengan customer. Semoga kartu tarotmu awet.

Share this

Previous
Next Post »